Minggu, 15 Juli 2012

Sudahkah kita selaku Dosen dan PNS melayani dengan hari nurani?

Melayani dengan hati nurani adalah salah satu prinsip dasar dalam  Pelayanan Prima, sebaik apapun desain dan prosedur sebuah pelayanan, akhirnya tetap petugas pelayanan yang harus berhadapan muka secara langsung dengan pelanggan (orang yang dilayani).

Saat-saat terjadinya transaksi antar manusia seperti ini sangat berharga. Penilaian pelanggan terhadapmutu sebuah layanan sebagian besar terjadi ketika mereka bertemu muka langsung dengan petugas pelayan. Meskipun sarana dan prasarana pelayanan sering dijadikan ukuran mutu oleh para pelanggan, namun ukuran utama penilaian tetap sikap dan perilaku pelayanan yang ditampilkan oleh para petugas. Sikap dan perilaku yang baik oleh petugas sering dapat menutupi kekurangan dalam hal sarana dan prasarana. Dalam proses melayani, yang utama adalah keaslian sikap dan perilaku sesuai dengan hati nurani kita. Perilaku yang dibuat-buat, atau berlebihan sangat mudah dikenali oleh pelanggan dan justru dapat memperburuk penilaian mereka. Keaslian perilaku hanya bisa muncul pada pribadi yang sudah matang, pribadi yang sudah menghayati bahwa kebahagiaan hidup hanya dapat diperoleh melalui pengabdian dan pelayanan. Sebagai "Soft System" jika dirancang dengan baik proses pelayanan dapat menjadi wahana belajar yang sangat efektif untuk mempercepat kematangan pribadi.

Dari prinsip dasar pelayanan prima tersebut diatas, bisa kita tanyakan kepada diri kita sendiri, apakah kita sebagai Dosen atau Pegawai Negeri Sipil selama ini sudah melayani dengan hati nurani? Kita bisa bertanya Bagaimana Pelayanan yang telah kita berikan di unit-unit tempat kita bekerja? Kita sendiri yang bisa menjawabnya.

Sumber : Operasionalisasi Pelayanan Prima (LAN 2008)

Artikel Terkait Lainnya :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar